KEPALA SEKOLAH
PENGUMUMAN TERBARU
STATISTIK PENGUNJUNG
    Kunjungan hari ini : 49
    Total pengunjung : 178692
    Hits hari ini : 73
    Total Hits : 449535
    Pengunjung Online: 2

PTK PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI METODE CARD SORT

Sabtu, 25 September 2021 - WIB


ABSTRAK

  

PENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI ASMAUL HUSNA MELALUI METODE CARD SORT BAGI SISWA KELAS VII SEMESTER I SMP NEGERI 8 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022.

 

Oleh:

Muhammad Da’i Sholih

 

Penelitian tindakan kelas secara umum bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik SMP Negeri 8 Salatiga. Secara khusus bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan aktivitas peserta didik; (2) Mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran oleh guru; dan (3) Mengetahui hasil belajar peserta didik yang mengacu pada metode cardsort  pada Kelas VII semester 1 SMP Negeri 8 Salatiga tahun pelajaran 2021/2022 untuk materi Asmaul Husna. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, di mana masing-masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Siklus I terdiri dari satu kali  pertemuan (satu kali tatap muka), demikian pula halnya dengan Siklus II. Data aktivitas peserta didik digali dengan Lembar Pengamatan Aktivitas Peserta Didik, data Pengelolaan Pembelajaran oleh Guru digali dengan Lembar Pengamatan Pengelolaan Pembelajaran, sedangkan data hasil belajar peserta didik digali dengan Tes Hasil Belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas peserta didik kelas VII semester 1 SMP Negeri 8 Salatiga  tahun pembelajaran 2021/2022 pada pembelajaran yang mengacu kepada metode  cardsort pada materi Asmaul Husna di siklus I maupun siklus 2 penelitian tindakan kelas ini berada pada kategori BAIK; (2) Pengelolaan pembelajaran oleh guru di kelas VII semester 1 SMP Negeri 8 Salatiga tahun pembelajaran 2021/2022 yang telah dilakukan guru pada materi Asmaul Husna dengan metode cardsort di siklus 1 maupun siklus 2 penelitian tindakan kelas ini juga berada pada kategori BAIK; dan (3) Hasil belajar peserta didik kelas VII semester 1 SMP Negeri 8 Salatiga tahun pembelajaran 2021/2022  pada materi Asmaul Husna mengalami peningkatan dibanding tahun pelajaran 2020/2021 setelah menggunakan metode cardsort.

 

Kata Kunci : Asmaul Husna, hasil belajar, penelitian tindakan kelas, metode cardsort

https://drive.google.com/file/d/11JVCMuOg6g1BFyD3dTiApZiFhEePDtI_/view?usp=drive_link