Layanan Perpustakaan


Pengelolaan perpustakaan di SMP Negeri 8 Salatiga  secara teknis  meliputi pembinaan dan pengembangan koleksi sampai inventarisasi.  Pembinaan dan pengembangan koleksi merupakan kegiatan untuk menyediakan dan memberikan layanan informasi kepada pemakai demi tercapainya tujuan perpustakaan. Kriteria yang nampak pada berkembangnya koleksi perpustakaan adalah pada bertambahnya koleksi perpustakaan baik secara jumlah maupun jenis. Dengan adanya anggaran 5% dari BOS untuk Perpustakaan Sekolah, Tiap tahun perpustakaan kami sering menambah buku baik itu buku fiksi maupun buku referensi. Buku yang banyak diminati anak-anak SMP N 8 adalah buku KKPK dan buku bercerita horror. Kami juga menyediakan buku-buku panduan untuk guru, sehingga antara anak-anak, guru serta karyawan sama-sama terpenuhi kebutuhanya di Perpustakakaan.

Untuk menambah koleksi Perpustakaan, Pihak kepala sekolah dengan perpustakaan berkerja sama untuk mengadakan sumbangan buku dari anak-anak ke perpustakan. Buku sumbangan ini sifatnya wajib sebagai persyaratan kelulusan dan kenaikan kelas. Buku-buku yang disumbangkan tidak harus buku baru, bisa buku bekas. kami mempunyai syarat-syarat minimal untuk sumbangan buku, yaitu bukan buku pelajaran, jumlah hal. minimal 60 lembar, bukan komik, isi ceritanya tidak porno. Dalam setahun rata-rata kami bisa mengumpulkan buku sumbangan sebanyak 600 eksemplar. Kegiatan sumbang buku ini baru berjalan 2 tahun terakhir.

Pengolahan bahan Pustaka merupakan kegiatan lanjutan setelah diterimanya koleksi. Jadi, kegiatan inventarisasi berkaitan langsung dengan pengadaan. Inventarisasi dalam bidang perpustakaan merupakan suatu kegiatan untuk mencatat pustaka yang menjadi milik perpustakaan sekolah. Berikut ini adalah beberapa hal yang dilakukan dalam menginventarisir koleksi perpustakaan di SMP Negeri 8 Salatiga. Yaitu setiap buku baru yang diterima harus diberi cap perpustakaan pada halaman judul dan halaman tertentu. selain itu setiap buku juga didaftarkan dalam buku induk. Buku ini memuat kolom-kolom yang berisi keterangan tentang: nomor urut buku masuk, tanggal masuk ke buku induk, nomor induk, pengarang, judul, edisi dan tahun. Untuk buku seperti majalah, tabloid disediakan buku induk tersendiri/khusus. Pemberian cap perpustakaan adalah sebagai tanda kepemilikan.

Sistem Pelayanan di Perpustakaan SMP Negeri 8 salatiga menggunakan system terbuka  yaitu pemustaka bisa memilih dan mengambil sendiri buku bacaan yang mereka inginkan dan kemudian dilayani oleh petugas perpustakaan. Sistem pelayanan perpustakaan kami juga sudah memakai Sistem Otomasi, karena memakai system otomasi mempunyai banyak keuntungan selain memudahkan petugas perpustakaan juga memudahkan pemustaka dalam peminjaman dan pengembalian buku. Petugas perpustakaan juga mudah dalam menginput buku tanpa proses yang lama. Selain digunakan untuk peminjaman dan pelayanan, system ini juga bisa untuk absen pengunjung perpustakaan, sehingga tidak susah-susah untuk absen tertulis kami cukup menyediakan satu komputer untuk presensi dengan cara ketika mereka masuk ke perpustakaan dan mengetik nomor kartu anggota, nama mereka sudah muncul di layar komputer.

Selain presensi kami juga menyediakan satu computer lagi untuk OPAC yaitu anak-anak bisa menelusur buku apa yang ingin mereka cari, dengan menulis judul buku maka buku yang dicari akan muncul di layar komputer. sehingga mereka bisa mengetahui koleksi apa saja yang dimiliki Perpustakaan Nuansa Pustaka. Perpustakaan SMP negeri 8 salatiga juga sudah tergabung dengan Sistem Katalog Bersama Kota Salatiga. Dengan sistem katalog ini pemustaka dapat mencari buku dari berbagai sumber di sekolah yang ada di salatiga yang sudah tergabung di katalog bersama.

Fasilitas yang dimiliki Perpustakaan SMP Negeri 8 Salatiga tergolong lengkap karena selain ruangan yang bersih dan nyaman, Koleksi buku yang memadai, kami juga mempunyai koneksi internet WIFI yang bisa dimanfaatkann untuk semua pemustaka baik murid-murid, guru dan karyawan. Banyak kemudahan yang didapatkan di Perpustakaan Nuansa Pustaka karena kami berusaha membuat pemustaka merasa nyaman dan menjadikan  perpustakaan sebagai tujuan utama anak-anak kunjungi di waktu istirahat sehingga visi misi yang dimiliki perpustakaan Nuansa Pustaka bisa tercapai.



STATISTIK USER

Pengunjung hari ini : 5
Total pengunjung : 17840

Hits hari ini : 8
Total Hits : 25969

Pengunjung Online: 1